Penguatan Pengawasan dibidang Cukai dengan Peningkatan Kompetensi Pegawai
Oleh : I Komang Rudy S
KPPBC Tipe Madya Pabean C Banyuwangi -

Banyuwangi - (19/02/2019) Pembekalan Pegawai Bea Cukai Banyuwangi, sebagai langkah penguatan pengawasan di bidang Cukai.
Bertempat di aula Kantor Bea Cukai Banyuwangi, pukul 08.30 WIB, pegawai diberi pembekalan dengan diawali dengan review materi Cukai yang dibawakan oleh Kepala Seksi Perbendaharaan, Saniya Sandar.

Pada kesempatan ini, Saniya Sandar sempat mereview materi terkait Cukai kepada OJT dan membagikan semangat seluruh pegawai, optimis mencapai target yang telah ditetapkan.

Dalam kegiatan ini, Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan, Kartiko D.H. memaparkan strategi pengawasan DJBC di tahun 2019.

Di tahun 2019 Bea Cukai terus komitmen untuk menekan angka peredaran rokok illegal, di tahun 2020, angka peredaran rokok illegal ditargetkan turun hingga 3%. Berdasarkan data survei yang dilakukan oleh Universitas Gajah Mada (UGM), angka peredaran rokok ilegal di tahun 2018 turun hingga 7,04%. Tantangan untuk menekan angka peredaran rokok ilegal hingga 3% ditempuh dengan melakukan pemberantasan terhadap rokok ilegal, menjalin sinergi dengan para pengusaha yang legal dan instansi pemerintah lainnya dalam melakukan upaya penegakan, serta mensosialisasikan kepada masyarakat.

Para pegawai juga dibekali dengan praktek dalam mengidentifikasi pita cukai yang dibawakan oleh Kepala Subseksi Intelijen, Rudy Hartono.
Langkah awal dalam mengidentifikasi dapat dilakukan dengan kasat mata dan kaca pembesar. Untuk melakukan indenfitikasi lanjut diperlukan alat bantu lainnya seperti Sinar UV, jarum, alat elektronis berupa holoreader, dan cairan kimia .

Masyarakat juga perlu mengetahui berbagai jenis rokok ilegal dari pitanya. Jenis pelanggaran di bidang (cukai) meliputi polos atau tidak dilekati pita cukai, pita cukai palsu, pita cukai bekas, tidak sesuai personalisasi, dan tidak sesuai peruntukannya.

#beacukai
#beacukaibanyuwangi
#beacukaimakinbaik
#kemenkeuterpercaya

TINGGALKAN KOMENTAR
Komentar Untuk : Penguatan Pengawasan dibidang Cukai dengan Peningkatan Kompetensi Pegawai
Tidak Ada Komentar
?>