Operasi Edukasi Pita Cukai
Oleh : I Komang Rudy S
KPPBC Tipe Madya Pabean C Banyuwangi -

Banyuwangi – Fungsi penegakan yang dilakukan Bea Cukai dalam memberantas Rokok Ilegal,kini dibarengi juga dengan misi untuk mengedukasi masyarakat agar sadar dengan pita cukainya.

Selasa (26/2), Bea Cukai Banyuwangi melakukan operasi pasar pada Pasar Genteng, Banyuwangi. Selain memeriksa toko – toko, Bea Cukai Banyuwangi juga melakukan sosialisasi rokok illegal terhadap penjual.

Menurunkan angka peredaran rokok illegal di tahun 2020 hingga 3%, dilakukan dengan memberantas rokok illegal yang beredar di pasaran dan mengedukasi masyarakat untuk lebih sadar akan rokok illegal. “Dengan memberikan edukasi, masyarakat juga menjadi agen yang membantu memberantas rokok illegal yang ada di pasaran, penjual – penjual akan sadar, paham mana yang legal dan yang bukan,” kata Kepala Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, I Putu Muda Kumbara.

Putu mengatakan masyarakat perlu juga mengetahui jenis – jenis rokok illegal, yaitu rokok yang tidak dilekati pita cukai atau polos, pita cukai palsu, pita cukai bekas, tidak sesuai personalisasi, dan tidak sesuai peruntukan.

Kegiatan ini diharapkan menekan peredaran rokok illegal serta mengedukasi masyarakat untuk menjadi agen yang turut berperan memberantas rokok illegal.

Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap toko yang menjual vape di sekitaran Genteng, Bayuwangi. Berlakunya Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146/PMK.010/2017, menetapkan produl Hasil Tembakau Lainnya meliputi ekstrak dan esens tembakau, tembakau molasses, tembakau hirup, tembakau kunyah. E-Liquid termasuk dalam jenis ekstrak dan esens tembakau.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, produk HPTL yang yang terpajang di estalase sudah dilekati pita cukai.

#beacukai
#BeaCukaiMakinBaik
#beacukaibanyuwangi

TINGGALKAN KOMENTAR
Komentar Untuk : Operasi Edukasi Pita Cukai
Tidak Ada Komentar
?>