Kunjungi IKM Peracik KOPAI OSING
Oleh : I Komang Rudy S
KPPBC Tipe Madya Pabean C Banyuwangi -

Banyuwangi - Kunjungan ke IKM peracik kopi kelas dunia. Asik diskusi seputar Industri Kecil dan Menengah dengan peracik Kopai Osing, Pak Iwan(28/02).

Banyak IKM Banyuwangi yang perlu didorong dan diberikan asistensi untuk melakukan ekspor dari Banyuwangi.
Salah satu produk IKM Banyuwangi yang memiliki kualitas dunia adalah Kopai Osing ini.

Kopai Osing sendiri dikatakan kopi terbaik dunia, memiliki rasa dan aroma yang khas. Tamu dari berbagai negara telah singgah di Sanggar Genjah Arum untuk menikmati Kopai Osing dan menikmati keindahan Sanggar dengan nuansa tradisional dan terawat.

Di Sanggar tersebut tersaji juga rumah rumah khas suku Osing, menurut Pak Iwan rumah tersebut sudah berumur 5 generasi, Sanggar Genjah Arum sebenarnya telah berdiri sejak tahun 1994 tetapi baru diperkenalkan sejak 10 tahun lalu pada tahun 2009.

Disela - sela obrolan, Kepala Kantor Bea Cukai Banyuwangi, R. Evy Suhartantyo mengenalkan fasilitas KITE IKM yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku IKM Banyuwangi.

Paket insentif fiskal dan prosedural sudah disediakan oleh pemerintah, dapat digunakan pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya. Langkah untuk mendorong IKM - IKM ini haruslah ditopang dengan sinergi dari berbagai instansi agar komitmen untuk melayani dan memfasilitasi.

Sembari menyeruput kopi dengan rasa dan aroma kopi terbaik, Iwan mengatakan bahwa memang enak ngopi sambil diskusi.

#BeaCukaiMakinBaik #beacukaibanyuwangi

TINGGALKAN KOMENTAR
Komentar Untuk : Kunjungi IKM Peracik KOPAI OSING
Tidak Ada Komentar
?>