KESETARAAN GENDER, MENGAPA HARUS SETARA?
Oleh : I Komang Rudy S
KPPBC Tipe Madya Pabean C Banyuwangi -

Banyuwangi - (11/03) ApMakah gender memiliki arti yang sama dengan jenis kelamin ?

Gender memiliki arti yang berbeda dengan jenis kelamin. Gender merupakan perbedaan peran dan tanggung jawab yang dibuat/dikonstruksikan oleh masyarakat, sedangkan jenis kelamin merupakan perbedaan organ biologis khususnya pada organ reproduksi.

Dewasa ini banyak gender stereotype seperti laki-laki cenderung rasional dan selalu berperan penting dalam setiap kesempatan serta perempuan cenderung tidak terampil dengan angka dan lebih telaten mengurus anak yang berakibat pada diskriminasi terutama dalam pekerjaan.

Pekerjaan tertentu dianggap untuk pekerjaan hanya untuk perempuan atau hanya untuk laki-laki sehingga berpengaruh pada pola mutasi/promosi/pengembangan pegawai, serta dalam memperoleh akses dan manfaat suatu kebijakan.

“Mengapa kesetaraan gender ini sangat diperhatikan di kementerian keuangan? Karena jika kesenjangan gender ini tetap dibiarkan terjadi maka pembangunan menjadi tidak efektif dikarenakan separuh SDM kita tertinggal.” Begitu ungkap Kartiko, pemateri pada siang hari ini.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut?
Yakni memastikan isu gender terintegrasi dalam kegiatan pembangunan. Dengan cara Gender Responsive yakni lebih peka terhadap perbedaan, dan strategi PUG (Pengarusutamaan Gender atau Gender Mainstreaming).

Pengarusutamaan Gender adalah strategi untuk mencapai keadilan dan kesetaraan gender melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap seluruh aspek kehidupan dan pembangunan.

Kartiko juga menjelaskan langkah-langkah, dasar hukum, maksud dan tujuan, sasaran, tujuh prasyarat, dan implementasi PUG di Kementerian Keuangan.

Tersedianya sarana dan prasarana seperti ruang laktasi, tempat parkir khusus perempuan, fasilitas disabilitas menjadi penunjang dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jasa.

Pengarusutamaan Gender (PUG) pemnjadi hal yang penting demi tercapaianya keadilan dan kesetaraan gender dalam seluruh aspek kehidupan sehingga pembangunan dapat berjalan secara efektif.

#beacukaibanyuwangi
#beacukaimakinbaik
#pengarusutamaangender
#PUG

TINGGALKAN KOMENTAR
Komentar Untuk : KESETARAAN GENDER, MENGAPA HARUS SETARA?
Tidak Ada Komentar
?>