Fasilitas KITE IKM Turunkan Biaya Produksi
Oleh : I Komang Rudy S
KPPBC Tipe Madya Pabean C Banyuwangi -

Banyuwangi – Dengan adanya fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM), para pelaku IKM dapat menekan biaya produksi yang dikeluarkan dan menunjang kegiatan ekspor.

Selasa pagi (12/03), Tim Kehumasan Bea Cukai Banyuwangi melakukan sosialisasi mengenai Fasilitas Kite IKM kepada pelaku usaha kecil dan menengah atau yang biasa dikenal IKM (Industri Kecil dan Menengah) di Rumah Kreatif Banyuwangi.

Sosialisasi dihadiri oleh 20 pengusaha IKM yang ada di Banyuwangi, Kepala Kantor Bea Cukai Banyuwangi, R. Evy Suhartantyo, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro, Alif Kartiono, dengan narasumber, Yavan Suharno, Kepala Subseksi Administrasi Penerimaan Jaminan dan Manifes KPPBC TMP C Banyuwangi dan Gella Rusmaningrum, Kepala Seksi PPADEI Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Rumah Kreatif adalah tempat bagi pengusaha IKM untuk mengembangkan penjualan tidak hanya secara offline tetapi juga secara online agar pemasarannya bisa dijangkau oleh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri. Bea Cukai yang memiliki misi sebagai trade facilitator atau memfasilitasi perdagangan menyediakan fasilitas kepabeanan yang dapat menunjang pertumbuhan IKM, yaitu Kemudahan Impor Tujuan Ekspor IKM (KITE IKM).

KITE IKM merupakan fasilitas berupa pembebasan bea masuk untuk impor bahan baku, bahan penolong, dan mesin yang menunjang kegiatan industri, dengan syarat 75% produk hasil industrinya harus diekspor.

Pemerintah Banyuwangi telah memberikan kemudahan perizinan berusaha dengan membuat pelayanan satu atap yang ada di Mal Pelayanan Publik Banyuwangi. Selain itu pengusaha IKM dapat mengurus perizinan dengan melalui Online Single Submission (OSS) yang terintegrasi menjadi satu berupa Nomor Induk Berusaha.

“Hari ini kami bertemu dengan anda untuk memberi solusi bagaimana mengembangkan usaha, karena kami punya toolsnya dengan fasilitas KITE sampai Bapak dan Ibu sukses. Kami hanya memupuk dan menyiram agar tumbuh semakin besar, itu misi kami untuk memfasilitasi perdagangan dan perinsustrian” – kata R. Evy Suhartantyo, Kepala Kantor Bea dan Cukai Banyuwangi.

#BeaCukaiMakinBaik @ Rumah Kreatif Banyuwangi

TINGGALKAN KOMENTAR
Komentar Untuk : Fasilitas KITE IKM Turunkan Biaya Produksi
Tidak Ada Komentar
?>