Bhakti Sosial Dharma Wanita Persatuan Bea Cukai Banyuwangi Ke PAUD Inklusif Cerdas Banyuwangi
Oleh : I Komang Rudy S
KPPBC Tipe Madya Pabean C Banyuwangi -

Banyuwangi – Dharma Wanita dan Kepala Kantor Bea dan Cukai Banyuwangi bersama staf melakukan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) ke Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Inklusif Cerdas Banyuwangi (26/03). Rombongan Dharma Wanita dan Kepala kantor Bea dan Cukai Banyuwangi diterima langsung oleh Ketua Yayasan Pendidikan dan Sosial Cerdas, Bapak Multazim dan Kepala Sekolah PAUD Inklusif Cerdas, Ibu Fatmawati.

PAUD Inklusif Cerdas berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Sosial Cerdas, merupakan lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan gratis buat anak-anak usia dini (0 s.d 6 tahun). Berdiri sejak 9 April 2008 yang awalnya hanya memiliki 9 orang siswa. Namun dengan berjalannya waktu dan mengetahui disekitar PAUD banyak anak usia dini yang tidak sekolah karena kesulitan biaya, Multazim dan Fatmawati memutuskan untuk mengajak anak anak usia dini disekitar PAUD untuk sekolah dengan gratis.

Dengan dibantu sekitar 350 relawan sejak berdiri sampai saat ini, para relawan mengajar tanpa digaji.” Kami selalu berusaha mandiri dengan biaya operasional dibantu relawan yang ada dan ada juga dari wali murid” kata Fatmawati. PAUD Inklusif Cerdas juga mendidik anak anak yang memiliki kebutuhan khusus. “Mereka datang ke kami karena ditolak di sekolah lain,” lanjut Fatmawati.

Fatmawati mengatakan sekolah PAUD ini mendorong anak – anak belajar dengan mengeksplorasi kreativitasnya dan berinteraksi sosial dengan teman sebayanya.
PAUD Inklusisf Cerdas memang lebih mengutamakan siswa yang tidak mampu karena dari kapasitas kelas yang dimiliki. “Walaupun kondisi kelas tidak memadai namun kualitas pendidikan selalu kami utamakan” kata Fatmawati.

“Pendidikan bagi anak tidak hanya diperoleh dari orang tua, anak – anak juga dapat berinteraksi dengan anak yang lainnya tanpa memandang kelas sosial,” lanjut Kepala Sekolah PAUD tersebut.
Turut berbangga, Fatmawati mengatakan, bahwa beberapa anak – anak yang berasal dari PAUD ini mendapatkan ranking di Sekolah Dasar dan ada juga yang sudah diterima di Perguruan Tinggi Negeri.

Ketua Dharma Wanita Kantor Bea dan Cukai Banyuwangi yang diwakili oleh Ibu Yati Kartiko. Dalam sambutannya mengatakan bahwa semoga apa yang diperjuangkan Bapak Multazim dan Ibu Fatmawati dapat memberikan inspirasi bagi kita semua.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Banyuwangi, R. Evy Suhartantyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan faslitas yang sudah ada, PAUD Inklusif Cerdas dapat menghasilkan prestasi yang luar biasa. “Pendidikan usia dini adalah sejak lahir sampai usia 6 tahun dan marilah kita menamkan kreativitas dan inovasi sejak dari kecil” ajak R. Evy Suhartantyo. Teruslah berbagi kebahagiaan dan ilmu dengan mendidik dengan keiklasan” sambung R. Evy Suhartanyo.

Pria asal Madiun itu juga mengatakan bahwa event ini juga bertujuan untuk membawa Bea Cukai lebih dekat kepada masyarakat.

Diakhir sambutannya R. Evy Suhartantyo mengajak siswa PAUD datang ke Kantor Bea dan Cukai Banyuwangi. “Silahkan berkunjung ke Kantor, mereka bisa melihat apa saja pekerjaan Bea dan Cukai. Mereka juga akan kami ajak untuk naik Kapal Patroli. Siapa tau banyak anak Banyuwangi yang menjadi pegawai Bea dan Cukai dikemudian hari” kata R. Evy Suhartantyo mengakhiri sambutannya

Berderet anak – anak PAUD Inklusif menampilkan yel – yel dan menyayikan sejumlah lagu anak – anak, serta unjuk kemampuan berhitung dalam bahasa Indonesia, Osing, Jawa, Bali, dan Inggris.

Acara Bakti Sosial dilajutkan dengan kegiatan memberikan sumbangan yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Banyuwangi kepada Kepala Sekolah PAUD Inklusif Cerdas. Kemudian penyerahan bingkisan dan makanan kepada siswa PAUD. Diakhir kegiatan diserahkan kenang - kenangan dari Kepala Sekolah kepada Perwakilan Dharma Wanita Bea dan Cukai Banyuwangi.

#beacukaimakinbaik
#banyuwangijengirattangi

TINGGALKAN KOMENTAR
Komentar Untuk : Bhakti Sosial Dharma Wanita Persatuan Bea Cukai Banyuwangi Ke PAUD Inklusif Cerdas Banyuwangi
Tidak Ada Komentar
?>